Thursday

Ink cartridges cannot be recognized

Saat sedang mencetak tiba-tiba printer blink merah dan muncul pesan error di komputer bahwa Ink Cartridge Cannot be recognized.
Pengalaman ini terjadi pada waktu mencetak dengan printer Epson T20E, dalam kondisi komputer hidup kemudian printer dihidupkan. Tidak perlu panik dan berfikir bahwa printer sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kerusakan printer itu sendiri tanpa harus kita service ke luar.

Ink cartidges cannot be recognized

Pesan error tersebut mengindikasikan bahwa Cartridge yang terpasang tidak dapat terbaca oleh printer.
Berikut adalah cara memperbaiki error blink dan pada Printer Epson Stylus, yaitu sebagai berikut :

1. Apabila pesan error message menampilkan tanda silang di semua cartridge seperti gambar di atas maka kemungkinan kerusakan adalah disebabkan oleh cartridge tidak terpasang dengan benar. adapun solusinya adalah sebagai berikut :
Tekan tombol nyala merah (resume) sebelah tombol power, maka cartridge akan bergerak ke mode penggantian cartridge. Copot cartridge dengan cara mlepas dari rumahnya tidak perlu diangkat keluar dari printer, cukup tarik naik sedikit ± 2 cm dari posisinya dengan menekan pengait pada masing-masing cartridge yang penting chips cartridge lepas dari socketnya, kemudian pasang lagi dan tekan tombol resume, tunggu sebentar printer akan menginisialisasi dan akan bergerak ke posisi parkir di sebelah kanan, jika berhasil maka lampu merah akan mati tinggal lampu hijau yang menyala, dan printer siap dipakai untuk mencetak.

2. Apabila hanya satu dua dua cartridge yang ada tanda silang maka kerusakan adalah disebabkan oleh sensor tinta mengartikan cartridge warna tertentu sudah habis, solusinya adalah :
Tekan tombol nyala merah (resume) sebelah tombol power, maka cartridge akan bergerak ke mode penggantian cartridge. Apabila printer sudah memakai cartridge infus mudifikasi yang memakai tombol reset maka caranya tekan tombol reset kecil yang ada di cartidge selama ± 5 detik, lepaskan kemudian tekan tombol resume sebelah tombol power. Kalau berhasil printer akan ke posisi parkir, lampu merah akan mati dan printer siap dipakai lagi.

3. Bila cara satu dan dua belum berhasil maka coba cara ketiga yaitu dengan mereset cartridge menggunakan software pihak ketiga.
Resetlah menggunakan sofware Resetter printer, carilah di internet lewat google dan download sesuai dengan type printer anda.

4. Bila cara pertama sampai ketiga belum berhasil lagi maka kemungkinan kerusakan adalah pada kabel fleksibel cartridge yang berada di dalam printer, solusinya adalah dengan cara membongkar printer.
Anda harus mengecek kabel head printer apakah sudah terpasang dengan benar, ada kalanya jika kita sering mencopot kabel head printer maka ujung kabel data akan mengelupas atau sobek. Jika kita tancapkan ke socket head tidak akan terhubung dengan benar sehingga akan muncul error cartridge tidak terdetect.
Cek kabel data apakah konslet atau tidak, biasanya konslet diakibatkan oleh kebanjiran tinta. Bongkar head printer bersihkan pinnya kemudian pasang lagi. Cek Fuse atau sekring di mainboard apakah putus atau tidak, ganti fusenya (bisa diganti dengan 1 kabel serabut atau ganti dengan fuse biasa 0.2 A tetapi harus dimodif supaya dapat terpasang misalnya ditambah kabel panjang dan ujungnya dipasang sekring , sehingga apabila putus lagi tidak perlu bongkar mainboarnya tetapi tinggal pasang sekringnya saja).

Demikian tutorial Ink Cartridge Cannot be recognized dari TUTOR HEBRING, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment