Monday

Rahasia printer awet puluhan tahun

printer epson inkjet

Inilah rahasia printer supaya awet dipakai untuk mencetak sampai puluhan tahun seperti pengalaman saya memakai printer legendaris ini.
Salah satu printer Andalan saya setelah printer type lainnya yang saya miliki dan masih dipakai sampai tahun 2015 ini adalah  PRINTER EPSON C45, kenapa printer ini? bukankah printer ini sudah kuno karena masih memakai 4 warna saja yaitu C,M,Y,B atau Biru, Merah, Kuning, hitam. dan mempunyai sedikit head nozzle yaitu 48 Nozzels (Black)
3 x 15 nozzels (Cyan, Magenta, Yellow) serta resolusi masih kecil yaitu 2880 x 720.
Baiklah, alasannya adalah saya membeli printer ini pada tahun 2004 seharga Rp. 550.000,- dan masih saya pakai sampai saat ini tahun 2015. Bayangkan berapa tahun umur printer ini? ya..!. sudah berumur 11 tahun.!
Pasti jarang dipakai pantas saja awet. Oh ya.! benarkah!?. Salah satu ciri printer inkjet adalah kalau tidak rutin dipakai maka headnya akan buntu jadi tidak bisa buat mengeprint lagi atau rusak. Saya rutin memakai printer ini buat mengeprint text saja. Sebulan saya mencetak sebanyak 3000 lembar lebih, jadi rata-rata per hari adalah 100 lembar. Yah.. bukan jumlah yang sedikit.
Namun tidak setiap hari saya mencetak, tetapi rata-rata setiap 2 sampai 4 hari sekali saya mencetak. Jadi kalau setiap 2 hari sekali saya mencetak maka sekali cetak adalah sebanyak 200 lembar, kalau setiap 4 hari sekali saya mencetak maka sekali cetak adalah sebanyak 400 lembar dan bahkan saya mencetaknya tanpa henti. Tentunya dari tahun 2004 s/d 2015 tidak semulus itu pasti ada masalah-masalah antara lain Ngeblink atau lampu merah berkedip, Cartridge cannot be recognized, dan masalah lainnya dan bisa saya perbaiki semuanya sendiri, kecuali pernah sekali harus ganti cartridge karena rusak seharga Rp. 175.000,- dan saya baru tahu beberapa waktu kemudian kalau ada dijual terpisah chipnya saja yang harganya cuma Rp. 30.000,- namun karena sudah terlanjur beli ya sudahlah, toh sudah menghasilkan banyak uang dari printer ini selama 11 tahun, sudah menghasilkan puluhan juta rupiah.
Saya hitung saja pendapatan bersih perbulan dari printer ini Rp. 500.000,-.  Jadi perhitungannya Rp. 500.000 x 12 bulan x 11 tahun = Rp. 66.000.000,- (enam puluh enam juta rupiah). Wow..Jumlah yang cukup besar jika uangnya terkumpul dan tidak digunakan, hehehe.

Rahasia agar printer awet pemakaian hingga puluhan tahun adalah kita harus sering memakai untuk mencetak, jadi kalau jarang dipakai buat mencetak bisa mengakibatkan head menjadi buntu akibat tinta mengering. Oleh karena itu maka minimal setiap dua hari sekali kita harus mengeprint satu lembar. Bila tidak ada yang perlu dicetak maka lakukanlah head cleaning, fungsinya untuk menghindari lobang nozzle dari penyumbatan.
Cara melakukan head cleaning bisa melalui menu Maintenance Head cleaning pada menu printer properties.

Saya bagikan juga pengalaman saya memakai beberapa merk printer ternama, yang akhirnya dapat menjawab beberapa pertanyaan dari para pengunjung blog mengenai pencarian tentang :

Printer paling awet dan murah
Printer paling bagus tahan lama
Printer paling bandel dan murah
printer paling murah
Printer paling cepat
Printer paling hemat

Berikut jawabannya, info selengkapnya kunjungi link di bawah ini :

http://tutorhebring.blogspot.com/2015/01/printer-paling-bagus-murah.html

NB: Sejak April 2015 Printer Epson C45 milik saya sudah dipensiunkan gan, sekarang saya memakai printer Canon iP2770 tanpa infus, sehari untuk mencetak 300 lembar berisi text saja.

Kenapa saya ganti printer yang sebelumnya printer Epson menjadi Canon, berikut alasannya :
Kelebihan dan kekurangan printer Canon

Demikian tutor "Rahasia Printer Awet puluhan tahun" sekaligus pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment