Sunday

Penyebab Cartridge printer canon cepat rusak hasil putus-putus

Inilah penyebab cartridge Printer Canon cepat rusak, hasil cetak jelek dan putus-putus.

hasil cetak putus-putus

Apakah anda mengalami hal tersebut di atas pada printer anda yaitu pada waktu mencetak ternyata hasilnya jelek putus-putus padahal printer atau cartridge masih baru.
Solusi pertama biasanya dilakukan head cleaning dan masalah sudah bisa teratasi, jika belum berhasil juga maka dilakukan upaya deep cleaning.

Namun jika sudah dilakukan head cleaning ataupun deap cleaning berulang kali hasilnya masih jelek dan putus-putus, maka kemungkinan besar inilah penyebabnya :

1. Masalah aliran tinta

Jika menggunakan tinta infus maka kemungkinannya adalah tinta tidak mengalir dari selang menuju cartridge, penyebabnya bisa karena selang bocor, terlipat, seal karet/knie pada cartridge tidak rapat sehingga udara bisa masuk menyebabkan tinta dalam tangki tidak dapat tersedot masuk ke dalam cartridge melalui selang, solusinya cek selang infus pastikan tidak ada yang bocor atau kemasukan angin. Pastikan tinta dapat mengalir ke cartridge dengan lancar dan tidak berbalik mengalir kembali ke tangki.
Kemungkinan kedua yaitu tutup tangki tinta belum dibuka, pada setiap tabung warnanya ada dua bilik yaitu bilik besar untuk mengisi tinta dengan tutup besar, dan bilik kecil untuk sirkulasi udara dengan tutup kecil. Tutuplah lubang besar dan biarkan lubang kecil tetap terbuka, Awas! jangan terbalik.

2. Kualitas tinta
Kualitas tinta sangat berpengaruh terhadap keawetan cartridge printer. Tinta yang tidak berkualitas bisa menyebabkan kerusakan pada nozzle head / lubang penyemprot tinta. Tinta yang terlalu kental biasanya akan mengendap menjadi gumpalan dan menutupi lubang semprot. Sedangkan tinta yang terlalu cair akan dengan mudah keluar dari lubang semprot walaupun printer dalam keadaan mati, sehingga mengakibatkan printer kebanjiran tinta. Ini sangat berbahaya karena jika tinta mengenai bagian logam yang teraliri listrik bisa mengakibatkan konsleting dan kerusakan yang ditimbulkan bukan hanya pada cartridge saja tetapi bisa merusak mesin printer itu sendiri.

3. Head sudah rusak
Untuk printer Canon ini head printer jadi satu dengan cartridge, jadi jika headnya rusak maka secara otomatis harus mengganti cartridge. Kebanyakan kerusakan head disebabkan oleh tinta juga. Perlu diketahui bahwa printer Canon menggunakan sistem pemanas untuk menyemprotkan tinta. Jadi tinta dalam cartidge juga berfungsi sebagai pendingin. Jika tinta dalam cartridge sampai kosong dan kondisi tetap dipakai untuk mencetak maka akan terjadi overheating pada cartridge mengakibatkan IC atau chip di dalamnya bisa terbakar. Jika IC sudah terbakar, cartridge tidak akan bisa menyemprotkan tinta lagi atau jika keluar tinta maka hasilnya putus-putus. Itulah penyebab kenapa cartridge yang tidak buntu namun saat dipakai untuk mencetak tintanya tidak keluar.

Demikian penyebab Cartridge Canon masih baru cepat rusak hasil cetak jelek dan putus-putus, sesuai pengalaman TUTOR HEBRING.

3 comments:

  1. betul sekali mas saya sangat setuju dengna point satu. tinta sangat berpengaruh besar terhadap umur catridge.

    ReplyDelete
  2. ok broo...betul sekali he...

    ReplyDelete
  3. printer saya canon mp 287,ketriknya paling lama 4 bulan sudah rusak,,saya pakai tinta merk MIRACLE ,,,Tolong masukannya saudara2,,,Tinta Merk MIRACLE Bagus apa Tidak ya,,dan kalau tidak bagus sebaiknya saya pakai tinta merk ap ?

    ReplyDelete