Tuesday

Cara memperkecil ukuran file excel

Compress xls

Penyebab file excel membesar, dibuka lama, lemot adalah sebagai berikut :

Suatu ketika kita membuat document Excel yang cukup komplek yaitu berisi banyak data, formula dan grafik. Hingga pada saat kita menyimpan / save dokumen ternyata ukuran file tersebut membesar misalnya 5 MB atau mungkin puluhan MB. Hal itu tentu tidak begitu masalah jika file tersebut hanya kita simpan saja di komputer. Namun mesti begitu file excel dengan ukuran besar pasti berpengaruh pada saat pemrosesan file tersebut yaitu pada waktu membuka/open akan memakan waktu cukup lama, pada waktu kalkulasi data juga butuh waktu agak lama, proses mencetak, juga pada waktu menyimpan/save juga butuh waktu lebih lama. Bila proses tidak berjalan dengan lancar maka bisa mengakibatkan kerusakan pada file tersebut atau bisa juga file Corrupt. Masalah  mungkin timbul lagi jika file tersebut harus kita email kepada Client, sedangkan Email server hanya disetting untuk mengijinkan pengiriman maupun penerimaan email beserta attachmentnya ukuran file tidak lebih dari 3 MB, tentu  yang terjadi adalah email tidak akan terkirim dan akan kembali (“Error Delivery Email”).

Penyebab dari membengkaknya ukuran file excel ini adalah sebagai berikut :

1. Adanya banyak object berupa gambar bitmap atau garis di dalam sheet dan kemungkinan terduplikasi namun tidak kelihatan. Solusinya adalah hapuslah object yang tidak terpakai tersebut satu persatu. Jika tidak ditemukan maka gunakan Menu : Pilih tab HOME -> pilih toolbar Find & Select -> Goto Special -> Object, kemudian  hapus satu persatu object yang tidak berguna. Atau bisa juga menggunakan shortcut F5 untuk menampilkan menu Goto Special Object, kemudian langkah selanjutnya sama yaitu hapus satu persatu gambar atau object yang tidak dipakai, setelah itu Save dan lihat ukuran file harusnya sudah menyusut.
Step by step 1 sampai 3 :

Menu Goto Special Object















2. Kemungkinan yang kedua apabila file excel membesar adalah karena kita masih menggunakan versi excel lama. Biasanya apabila kita masih memakai Microsoft Excel  versi 2003 ke bawah, apabila menyimpan file maka secara otomatis akan menjadi extension XLS. Apabila dibandingkan dengan Microsoft Excel versi 2007 ke atas yaitu dengan format XLSX, tentu perbedaan ukuran file yang tersimpan sangat berbeda sekali. Untuk Excel versi 2003 ke bawah ukuran filenya bisa lebih besar 200% dibandingkan dengan Excel versi 2007 ke atas. Maka dengan melihat perbedaan yang besar ini saya anjurkan untuk men Save as file excel menjadi berekstensi XLSX atau Excel versi 2007 ke atas. Apabila masih menggunakan versi yang lama maka sebaiknya diinstall versi yang terbaru minimal versi 2007 sehingga bisa untuk menyimpan file dengan format XLSX.

3. Kemungkinan yang ketiga yang menyebabkan file excel membesar adalah banyaknya data yang komplek dalam file tersebut yang berisi banyak rumus atau formula dan database. Mungkin solusinya bisa mengkompress file tersebut dengan bantuan software pihak ketiga misal W**Zip, W**rar, dll; Tapi bukan itu yang dibutuhkan karena tujuan awal dari mengkompress file excel ini bukan sekedar menjadi kecil saja tetapi juga untuk mempercepat pemrosesan file tersebut seperti saat open, print, close, save, calculate agar menjadi cepat. Apabila kita mengkompres dengan bantuan software pihak ketiga tersebut memang ukuran file menjadi kecil, tapi jika kita mau membukanya otomatis harus uncompress kembali file tersebut tentu akan kembali menjadi besar seperti semula dan tidak akan merubah kecepatan pemrosesan file tersebut.
Solusi tepat yang dipakai untuk mengkompress file excel adalah dengan men-save as type file Excel tersebut yang sebelumnya XLSX (Excel Workbook) menjadi type XLSB (Excel Binary Workbook).
Jika kita simpan menjadi type XLSB maka ukuran file bisa berkurang hingga 50% dan proses file menjadi lebih cepat.
Screen shoot :

memperkecil ukuran file excel

Demikian artikel dari TUTOR HEBRING semoga bermanfaat.


21 comments:

  1. Terimakasih... banyak gan post nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga mas atas kunjungannya.

      Delete
  2. Sangat Membantu, Terima Kasih,,

    ReplyDelete
  3. thanks gan sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Terima kasih gan, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya..sangat membantu

    ReplyDelete
  6. @Andrean, @Gawang, @TC3, @Delisa : Sama2. Semoga bermanfaat, dan thx sudah mampir.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sharingnya, semoga menjadi amalan atas ilmu yang bermanfaat. Amin

    ReplyDelete
  8. Membantu sekali untuk tugas saya. Terimakasih sharingannya pak.

    ReplyDelete
  9. @yulie: Semoga lancar Tugasnya, Thanks sudah mampir.

    ReplyDelete
  10. matur tengkyu masbro tutorialnya. membantu sekali

    ReplyDelete
  11. Thks om, sangat membantu

    ReplyDelete
  12. Anonymous31/5/16 03:07

    TOP Bngt....

    ReplyDelete
  13. exel saya ttp aja berat mas . lemot banget ketika autosave :(
    pliss dong bantu jawab gmn biar ga lemot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo file lainnya juga terasa berat waktu autosave berarti yang bermasalah Operating Systemnya bisa jadi RAM menipis karena kebanyakan Running Aplikasi atau bisa juga kena virus. Kalo cuma 1 file saja yang bermasalah maka kemungkinan struktur file excel tersebut yang rusak atau Corrupt. Coba buka dengan cara Ctrl+O ([File] > [Open]) akan keluar dialog box, kemudian [Klik Filenya] > [Klik Tombol segitiga sebelah kanan OPEN] > [Open and repair ...].

      Delete
  14. cara no 3 yg sip mas hehehe

    ReplyDelete
  15. makasih eahh udh ngazih infohhhhnyahh

    ReplyDelete
  16. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    Pengobatan Artritis septik

    ReplyDelete
  17. Punya saya sudah dalam bentuk xlsb tp ukurannya masih 47mb. Kalo mau dibuka lambat sekali

    ReplyDelete