Friday

Mengatasi Token PIN Mandiri Lock Disable

Token PIN MANDIRI Lock Disable


Inilah cara mengatasi Token PIN MANDIRI error Lock Disable.

Jika kita transaksi online lewat internet maka demi keamanan transfer harus menggunakan Token PIN sebagai validasinya. Sudah hampir satu bulan ini saya belum menggunakan Internet Bank Mandiri karena kebetulan bulan ini saya sedang tidak bertransaksi online baik itu belanja maupun bayar tagihan dengan transfer uang lewat Mandiri Internet.
Nah, kemarin waktu saya mau menggunakan Mandiri Internet, yaitu mau deposit pulsa dan mau transfer uang, giliran mau memasukkan pin dari Token ternyata waktu pertama kali memencet tombol merah langsung muncul error tulisan "Lock Disable". Waduh.. kenapa nih, perasaan tidak kepencet-pencet itu alat ini dan saat saya taruh di laci meja kerja juga sudah saya masukkan di packing box nya yang terbuat dari gabus dan mustahil kepencet sendiri.
Kemudian saya googling di internet untuk mencari permasalahannya. Setelah baca sana sini ternyata banyak yang menyarankan untuk langsung membawa ke Kantor Bank Mandiri atau menghubungi Customer Servicenya untuk mengatasi masalah tersebut. Saya sempat menghubungi Kantor Cabang mandiri di kota, dengan harapan dapat dipandu lewat telpon untuk mengaktifkan kembali token pin yang rusak tadi. Dan lagi-lagi pihak Mandiri juga tidak bisa membantu dan meminta saya untuk datang ke Kantor Bank Mandiri.

Dengan berat hati akhirnya siang itu saya pergi ke Kantor Cabang Bank Mandiri di kota saya, dan sekalian saya mau nabung / Setoran Tunai dari sisa uang cash yang masih saya pegang ditambah uang milik istri saya yang juga minta di masukkan ke Tabungan. Ya sudahlah, sekalian saya bawa persyaratannya yaitu :

- Buku Tabungan
- KTP
- Kartu ATM

Sampai di Bank Mandiri, begitu masuk pintu langsung disapa Satpam yang dengan basa-basi menanyakan maksud tujuan saya. Saya katakan kalau saya mau setor tunai dan mau ke Customer Service. Satpam meminta saya untuk mengambil kartu antrian dan form setoran tunai. Saya langsung ambil form setoran tunai dan ambil kartu antrian. Kemudian saya lihat di meja Customer Service tidak ada orang yang antri, maka saya langsung menuju ke sana.

Dengan basa-basi mbak CS menanyakan keperluan saya dengan sopan. Saya katakan pada CS kalau Token Pin saya Lock Disable, kemudian dia mengatakan "Ini battery nya habis mas" harus diganti dengan Token yang baru dengan biaya Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah). "Alamak...! kok mahal amat mbak!, bukannya dulu cuma Rp. 20.000,- (Dua puluh ribu rupiah) saja". "Kalau bikin Token yang pertama kali memang cuma bayar  Dua puluh ribu mas tapi kalau penggantian token yang selanjutnya bayar seratus ribu". Dengan cepat saya berfikir kalau cuma batery saja bisa ganti sendiri nih. Eh.. si mbak CS sudah mengeluarkan form untuk penggantian Token. Segera saya jawab "Maaf mbak lain kali saja tidak apa-apa kan? saya mau setor uang ke teller dulu". Si Mbak CS keliatan kesal sambil berujar, "Ach.. sudah terlanjur disobek formnya, bilang aja dari tadi kalau nggak jadi !".  Wah ini CS jutek juga nih batinku. Ya sudahlah saya minta maaf lagi sambil tersenyum, "Aduh maaf banget ya mbak". Akhirnya si mbak CS pun mau tersenyum, dan akhirnya saya tidak jadi mengganti token dan langsung setor tunai di teller. Di tempat teller ternyata sudah banyak nasabah yang mengantri. Akhirnya...., setelah menunggu begitu lama tibalah giliran saya, dan selesai sudah penantian ini, setelah selesai saya pun langsung pulang.

Sampai di rumah segera saya buka token mandiri dengan cara melepas 4 baut kecil di belakang casing, baru casingnya dibuka perlahan. Saya lihat ada batery CR2032 3V, kemudian saya copot dan ganti dengan battery baru.
Waktunya untuk mengetes, Bismillahi rohmani rohim kalau nggak bisa terpaksa harus keluar uang seratus ribu. Dan Jreng...!, muncul tulisan Pin------ . Yes !, BERHASIL ! Berarti sudah sukses. Akhirnya token pin bisa digunakan lagi dan tidak jadi keluar uang seratus ribu tetapi cuma keluar uang Rp.5000,- (lima ribu rupiah) untuk beli battery saja.

(NB: saya ganti dengan battery type CR2016 dan dapat berjalan dengan baik, tetapi mungkin kurang berumur panjang walaupun bisa bertahan lebih dari 1 tahun dibandingkan dengan memakai type CR2032 yang bisa berumur lebih dari 2 tahun).
Ternyata setelah dipakai 3 tahunan, batery ini masih awet belum menunjukkan tanda-tanda mau habis.
Battery CR2032 Mengatasi Token PIN Lock Disable
Jadi permasalahan dan penyebab dari Token PIN error "Lock Disable" adalah kerusakan disebabkan oleh battery  mau habis atau low battery. Solusinya bisa diganti battery baru dengan biaya Rp. 5.000,- dengan dipasang sendiri atau bisa minta tolong dipasangkan oleh tukang service jam atau kalkulator, atau kalau anda tidak mau repot ya silahkan ganti Token Pin ke Bank Mandiri dengan biaya Rp. 100.000,-.

Demikian pengalaman dari tutorhebring semoga bermanfaat.



38 comments:

  1. malah keluar tulisan new false trus mati total

    ReplyDelete
  2. Tks gan sudah Share. Kalau errornya "Lock Disable" yang pasti adalah battery low. kalau errornya selain itu, saya belum pernah ngalamin.

    ReplyDelete
  3. malah keluar angka 00000000,

    ReplyDelete
  4. Terima kasih Gan atas infonya, sukses 100% ^_^

    ReplyDelete
  5. aku berhasil gan thanks a lot ya.wah kita mematikan penghasilan bank mandiri dong nih:)

    ReplyDelete
  6. I was so pissed off after calling mandiri cs, she asked so many questions even after telling her my token disabled, she finally told me that my internet banking no problem n working normally, shit! Tjen I told her again its my token problem, asked me to go to my original bank mandiri to check. I have to fork out $23 for this idd call! Luckily came across someone posted here tjat can just change the battery inside the token. Bought a battery n msnaged to change n can continue to use my token. I regretted calling up cs of mandiri, I told her I was in Singapore n she just keep on bombing me with requesting my particulars. Wtf!

    ReplyDelete
  7. Anonymous26/3/16 09:01

    Terima kasih atas informasinya, token saya berhasil aktif lagi. Sekedar menambahkan untuk type batre token saya menggunakan type CR2032. Itu type yang biasa dipakai untuk bios motherboard, harganya memang murah. Namun untuk type yang CR3032 itu harganya lumayan mahal, paling murah saya lihat di tokopedia Rp.35.000 belum ongkir. Jadi kalo ggak ada type CR3032 coba aja pake yang CR2032, sama2 3Volt juga. Terima kasih gan

    ReplyDelete
  8. Bro,
    terima kasih anda menyelamatkan nasib saya. Kebetulan saya tidak berdomisili di Indonesia, dan ketika saya kirimkan email ke Customer Care, mereka suruh saya harus present di salah satu bank mandiri terdekat, karena itu tidak mungkin saya lalu Goodling dan mendapatkan ide ini, sangat jitu bro, tooken saya kembali berfungsi.

    Thanks
    Rico

    ReplyDelete
  9. Anonymous10/5/16 08:39

    pengalaman ane, token batere abis pas lg penempatan kerja di ambon (ane buka rek di bandung), dateng ke mandiri, katanya ga punya stok kalo buat nasabah cabang lain, kalo mau buka rek mandiri setempat nanti dikasih token baru. perasaan sama-sama mandiri. Pas ke jakarta ane mampirin ke mandiri minta ganti token, kaga minta bayaran bro, gratis

    ReplyDelete
  10. Anonymous22/5/16 14:55

    Pas tadi dibuka ternyata baterainya CR2032. Tinggal ganti ajah ama spare yang ada dikantor, dan token kembali normal. makasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip ! kebeneran ga usah beli jauh-jauh hahaha..., Gratis ya bro :-)

      Delete
  11. Tutorial elu mantap bro, Pakai Sony 2032 cuman 25000 di denpasar...
    Dan Langsung bisa minta PIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal amat Bos Rp. 25.000,- tapi ga apa-apa, kan memang butuh. selamat ya sudah bisa digunakan lagi TokenPin-nya.

      Delete
  12. sesuai dengan buku petunjuk penggunaan token bank mandiri dan pengalaman saya, jika penyebabnya low battery error disable4, token bisa diganti gratis. Tapi jika akibat kelalaian pengguna emang harus ganti 150 ribu Rupiah.. jadi..kalau low bat minta ganti aja

    ReplyDelete
  13. muncul 0000000 trus meninggal dg tenang... hiks...

    ReplyDelete
  14. di tutorial yang lain bilangnya gak bisa langsung ganti batere, karena kalo dicabut baterenya akan menyebabkan firmware menjadi void, jadi harus dialiri listrik selama pergantian batere. mana yang benar nih ? jadi pening pala ane juragann....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous7/4/17 13:06

      Saya juga sudah membaca referensi yang agan maksud, namun yang disampaikan "Tutor Hebring" menurut saya sudah cukup meyakinkan, sehingga barusan saya coba sendiri mengganti batere langsung tanpa mengaliri listrik, dan hasilnya.. alhamdulillah, berfungsi normal. Nampaknya asumsi firmware menjadi void yang dikhawatirkan oleh tetangga sebelah masih kurang tepat. btw, tks atas tutornya ya Tutor Hebirng :)

      Delete
  15. Thanks Gan.. Nice advise.. Sangat membantu..

    ReplyDelete
  16. muncul 0000000 kalo masukkan angka keluar
    lock new pin conf diatas layar

    bagaimana agan ada yang tahu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy jg mengalami hal yg sama.

      Delete
    2. Sama nih kyk ane. Trus solusinya gmna ya gan?

      Delete
    3. Sama gan
      Lock new pin config
      Gmn caranya?

      Delete
    4. Sama... ada yg sudah dapat solusinya? Tolong share dong...

      Delete
  17. Terima kasih infonya... Sangat membantu.. Td "lock disable" skrg Sudah bisa lagi tokennya..

    ReplyDelete
  18. Mantap ternyata betul saya mengalami hal yg sama seperti ini token disable - lock. Dan begitu diganti batteraynya dan langsung berfungsi normal lagi padahal sudah ancang-ancang telp ke 14000 bank mandiri. Terima kasih banyak artikelnya sangat membantu.

    ReplyDelete
  19. Makasih bnyk gan tutor nya....
    Moga agan sehat selalu & ditambahkan rejekinya...amin

    ReplyDelete
  20. Thanks, gan..! Bener... saya ngalamin persis. Udah 2 minggu ini tiap kali dinyalain, token munculin pesan "battery 4/3/2/1)..", trus kemaren LOCK DISABLED. Rencananya, besok mau ke CS Mandiri.
    Iseng mampir di blog agan, cobain sendiri ganti CR2032 mumpung punya spare. Berhasil! Makasih banyak gan... (y)

    ReplyDelete
  21. Tks bro... Keep UP the GOOD Work!!

    ReplyDelete
  22. Makasih infonya
    Lg bingung jg ni bang..

    ReplyDelete
  23. makasih infonya bang membantu banget..

    ReplyDelete
  24. cari baterainya di toko jam kah mas?

    ReplyDelete
  25. Saya coba ganti sendiri kok gak bisa ya gan? Tetap mati gak muncul apa2. Apa ada tombol lain gitu yg harus di pencet sebelum dinyalain?

    ReplyDelete
  26. Mantaps gan Mustofa ... terima kasih buanyak, sgt membantu krn posisi lg di luar Indo
    Semoga diberkahi dan dimudahkan semua urusan nya gan (y)

    ReplyDelete
  27. gan kok keluar000000 gmna solusinya

    ReplyDelete
  28. Anonymous20/6/19 02:51

    Thanks utk tutorialnya...sukses..mantul boss.

    ReplyDelete