Saturday

Aplikasi Chat LAN gratis paling simple

Inilah Aplikasi Chatting paling simple yang saya gunakan pada Jaringan Lokal / LAN di kantor yaitu  TONIC, bisa untuk kirim file juga.
Saya telah mencoba banyak aplikasi LAN messenger namun ternyata pengoperasiannya kurang simple, beberapa waktu yang lalu saya sudah coba berbagai macam aplikasi chating via jaringan lokal atau LAN dengan segala kecanggihan dan fitur yang ditawarkan, ditambah lagi kebanyakan aplikasi chatting yang lain memiliki fasilitas room, broadcast, dan lain-lain. Ketika saya coba pakai aplikasi chat tersebut ternyata user/pengguna kesulitan dalam pengoperasiannya dan malah banyak yang salah kirim antara pesan pribadi dengan broadcast, dan kalaupun saya telah menemukan aplikasi chatting yang sesuai namun ternyata tidak gratis melainkan berbayar.
Setelah saya coba Tonic ini akhirnya pilihan jatuh pada aplikasi ini karena sebelumnya saya mencari aplikasi Chatting untuk jaringan lokal di kantor dengan tujuan intinya adalah untuk sekedar chating saja dan saya mencari yang pengoperasiannya sangat simple, tidak perlu yang terlalu komplit dengan fitur, dan yang paling penting lagi adalah Free atau gratis.

Berikut tampilannya Aplikasi Chatting LAN  TONIC :

Tonic Chat LAN

User yang online akan kelihatan jelas gambar dan nama , dan offline user kelihatan grey / abu-abu.

Pada menu System -> Preferences ada page tab :

Tonic Preferences Menus

Sebelumnya setting dulu:
  1. Ganti nama user : klik Personal -> My Name (ganti nama user, contoh : Tutor Hebring).
  2. Mengganti Gambar : pilih tab Image.
  3. Supaya pesan yang masuk langsung tampil di layar : pilih Setting -> Message - > Centang Show Message on Receive dan Centang Message window always on top.

Link Download :
http://www.r2.com.au/static/downloads/files/tonic-v1.0b990.exe

Demikian, semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment