Tuesday

Obat Flu Singapura

Flu Singapore


Beberapa waktu yang lalu anakku terkena Flu Singapura, begitu nama populer untuk penyakit ini, mungkin karena pertama kali ditemukan di Singapura.
Gejala atau ciri-ciri yang dialami oleh penyakit ini adalah :

1. Suhu badan lebih dari 38°C
2. Sariawan di lidah dan mulut
3. Tenggorokan dan bibir kering hingga iritasi dan terasa sakit untuk membuka mulut.
4. Terasa sakit untuk menelan makanan sehingga tidak ada nafsu makan.
5. Timbul benjolan-benjolan kecil seperti jerawat sampai bernanah di sekitar mulut telapak tangan dan kaki.

Secara medis penyakit ini disebabkan oleh virus, dan menurut dokter penyakit ini tidak cukup berbahaya. Namun dalam kenyataannya wabah penyakit ini dari tahun 1997 s/d 2009 telah mengakibatkan kematian puluhan orang per tahun.

Selama dua hari anakku tidak mau makan, untuk minum saja dia akan menangis setiap kali menelan. Dia tetap merasa haus dan lapar dan minta makan, namun lagi-lagi setiap disodorkan makanan ke mulutnya dia kesakitan waktu membuka mulut dan menangis lagi.
Kebetulan di belakang rumahku ada pohon kelapa gading, aku pilih yang masih muda kemudian kupetik pakai galah dan kuambil airnya kutuang dalam gelas, lalu kuminumkan pada anakku tapi dia tidak mau buka mulut, kemudian kuberi sedotan, akhirnya anakku mau minum melalui pipet/sedotan, itu saja cuma beberapa kali sedot saja, namun aku lega karena dia sudah mau minum.

Dan... Ajaib..!, satu jam kemudian jam dia sudah bisa buka mulut agak lebar dan minta makan. Kebetulan waktu itu kami dikasih gorengan sosis sebanyak empat biji oleh Budhenya, dan anakku minta makan sosis itu. Tentu saja aku dan istriku keberatan karena takut akan memperparah sariawannya. Namun karena anakku pingin sekali makan mungkin karena sudah dua hari tidak makan cuma minum saja, dan aku kasihan juga karena dia belum makan dari kemarin. Dengan berat hati akhirnya kubolehkan dia makan sosis itu.

Ha..ha..ha.., empat buah sosis dia habiskan semua, dan setengah jam kemudian dia minta makan nasi, dan makan dengan lahap.
Keesokan harinya kulihat dia sudah tidak pucat dan kelihatan cerah, berangsur-angsur dia cepat sembuh, dan tak lupa air kelapa tetap aku minumkan padanya sampai beberapa kali hingga sembuh benar.
Alhamdulillah, akhirnya anakku sembuh dari penyakit Flu Singapura setelah minum air kelapa muda.

Demikian pengalaman kami semoga menjadi informasi bagi anda semua.



No comments:

Post a Comment